RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
BIMBINGAN KELOMPOK
Satuan pendidikan : SMA Negeri 4 Surabaya
Kelas : XI
(sebelas)
Semester :
Ganjil
Program layanan : Bimbingan kelompok
Pengembangan diri : Bimbingan dan Konseling
Jumlah pertemuan : 70 menit (insidental)
Tugas perkembangan :
Memiliki kemampuan dalam
mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosialnya
yang dilandasi budi pekerti luhur, tanggungjawab kemasyarakatan dan
kenegaraan
Rumusan kompetensi
: Pemantapan kemampuan pengembangan kecerdasan emosi dalam hubungan yang
dinamis, harmonis dan produktif dengan
teman sebaya baik di lingkungan sekolah yang sama maupun di luar sekolah
A.
Topik : Pergaulan
Remaja
B.
Bidang
bimbingan : Sosial
C.
Jenis
layanan : Bimbingan
Kelompok
D.
Fungsi
layanan : Pemahaman
dan pencegahan
E.
Tujuan
layanan :
1. Anggota
kelompok mengetahui perkembangan pergaulan remaja saat ini
2. Anggota
kelompok mampu mengidentifikasi pergaulan remaja yang baik dan kurang baik
serta tidak baik
3. Anggota
kelompok mengaplikasikan pergaulan yang baik, dan meninggalkan pergaulan remaja
yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari
F.
Sasaran
layanan : Kelas
XI IPA 1
G.
Uraian
kegiatan :
1.
Strategi
layanan
a.
Tahap
Pembentukan
1)
Meminta salah satu anggota
kelompok untuk memimpin doa sebagai pembukaan
2)
Mengucapkan rasa terima kasih
pada anggota kelompok telah bersedia hadir dalam kegiatan
3)
Menjelaskan asas-asas, dan
cara dalam bimbingan kelompok
4)
Konselor meminta anggota
kelompok untuk saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri secara berantai
5)
Konselor mengajak anggota
kelompok untuk melakukan permainan “cerita bersambung” sebagai usaha
pengakraban dan penghangatan antar anggota kelompok.
b.
Tahap
Peralihan
1)
Menjelaskan kegiatan
bimbingan kelompok yang akan ditempuh pada tahap berikutnya dengan tema
“pergaulan remaja”
2)
Menawarkan atau mengamati
apakah para anggota sudah siap menjalani kegiatan pada tahap selanjutnya
3)
Membahas suasana yang terjadi
c. Tahap Kegiatan
1)
Konselor memulai kegiatan inti
dengan memberikan gambaran perkembangan pergulan remaja dahulu dan sekarang
2)
Masing-masing anggota diminta
untuk memberikan tanggapan atas gambaran perkembangan remaja yang dijelaskan
konselor. Dimulai dari fakor penyebab, akibat yang terjadi dengan memberikan
contoh-contoh yang ada di lingkungan sekitar
3)
Mencari sumber masalah pergaulan
remaja yang cenderung negatif dengan terlebih dahulu melakukan diskusi dan
tanya jawab oleh konselor kepada anggota
kelompok, anggota kelompok kepada
konselor, dan sesama anggota kelompok
4)
Menetapkan sumber masalah
dari pergaulan remaja yang negatif
5)
Anggota kelompok
dipersilahkan untuk memberikan saran, pendapat, masukan dan solusi
6)
Konselor menyimpulkan saran,
pendapat, dan solusi dari anggota kelompok
d. Tahap Pengakhiran
1)
Konselor mengemukakan kesan dan hasil-hasil kegiatan
2)
Anggota kelompok mengemukakan
kesan dan hasil-hasil kegiatan.
3)
Membahas kegiatan lanjutan
4)
Mengemukakan pesan dan
harapan
H.
Penilaian
Laiseg
(Penilaian Segera):
Setelah
selesai kegiatan, tiap siswa ke diminta untuk menuliskan:
1.
Pemahaman baru yang
diperoleh melalui kegiatan ini
2.
Tanggapan, kesan, dan
perasaannya ketika dan setelah melakukan kegiatan ini
3.
Rencana aktivitas atau
upaya yang akan dilaksanakan setelah kegiatan ini
Laijapen (Penilaian
Jangka Pendek) & Laijapang (Penilaian Jangka Panjang):
Portofolio:
catatan tentang keberhasilan siswa kelas XI IPA 1 dalam mengaplikasikan
pergaulan remaja yang positif dalam kehidupan sehari-hari
Guru Pamong
H
j. J u l i a n a, S. Pd
19561001 197903 2 003
|
Praktikan,
Ahmad
Budi Arianto, S. Pd I
NIM. 1301198012
|
LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM
BIMBINGAN KELOMPOK
A.
Nama
Anggota Kelompok:
1.
Abida Qurrota A’yunin
2.
Alfira Dwi Pramesti
3.
Dea Fauziah Larasati
4.
Devi Kumalasari
5.
Ghina Dzihni Nirmala
6.
Tendriana Dewi Fitrianingsih
B.
Hari/
Tanggal :
Selasa,
22 Oktober 2013
C.
Topik/
Masalah :
Pergaulan
remaja
D.
Uraian
Kegiatan
1.
UMUM
Pelaksanaan konseling
kelompok ini dilakukan di ruang bimbingan
dan konseling dengan durasi waktu 70 menit
2.
PELAKSANAAN
a.
Tahap
Pembentukan
·
Konselor meminta salah satu
anggota kelompok untuk memimpin doa sebagai pembukaan
·
Mengucapkan rasa terima kasih
pada anggota kelompok telah bersedia hadir dalam kegiatan
·
Konselor mengungkapkan
pengertian dan tujuan kegiatan kelompok
dalam rangka pelayanan bimbingan dan konseling
·
Menjelaskan asas-asas, dan
cara dalam konseling kelompok
·
Konselor meminta anggota
kelompok untuk saling memperkenalkan dan mengungkapkan diri secara berantai
·
Konselor mengajak anggota
kelompok untuk melakukan permainan “cerita bersambung” sebagai usaha
pengakraban dan penghangatan antar anggota kelompok.
b.
Tahap
Peralihan
·
Menjelaskan kegiatan
bimbingan kelompok yang akan ditempuh pada tahap berikutnya dengan tema
“pergaulan remaja”
·
Menawarkan atau mengamati
apakah para anggota sudah siap menjalani kegiatan pada tahap selanjutnya
·
Membahas suasana yang terjadi
c.
Tahap
Kegiatan
·
Konselor memulai kegiatan
inti dengan memberikan gambaran perkembangan pergulan remaja dahulu dan
sekarang. Membedakan pergaulan remaja jaman dulu dan sekarang
·
Masing-masing anggota diminta
untuk memberikan tanggapan atas gambaran perkembangan remaja yang dijelaskan
konselor. Dimulai dari fakor penyebab, akibat yang terjadi dengan memberikan
contoh-contoh yang ada di lingkungan sekitar.
-
Menurut Dea Fauziah Larasati remaja sekarang sering kebablasan
dalam bergaul. Banyak teman-temannya yang dulu adalah anak yang baik, pendiam
dan santun berubah menjadi anarkis, brutal karena pengaruh pergaulan. Teman
terdekat menurutnya sangat berengaruh terhadap baik dan buruknya pergaulan.
-
Ghina Dzihni Nirmala memandang
pergaulan remaja saat ini mungkin terlalu banyak yang kelewat batas. Cara
berpacaran remaja saat ini menurutnya sudah melampui batasan etis bahkan sudah
melanggar norma dan nilai.
-
Pandangan berbeda dilontarkan
oleh Abida Qurrota A’yunin. Menurutnya, zaman dahulu dan sekarang memang
berbeda kita perkembangan teknologi informasi menuntut para remaja harus
berubah. Menjadi anggota kelompok tertentu dan menikmati masa remaja adalah hal
yang wajar.
-
Tendriana Dewi Fitrianingsih
mengungkapkan bahwa sering terjadinya tawuran, kehamilan diluar nikah,
merupakan bukti bahwa pergaulan remaja sekarang cenderuang ke arah negatif dan
menyesatkan.
·
Mencari sumber masalah
pergaulan remaja yang cenderung negatif dengan terlebih dahulu melakukan
diskusi dan tanya jawab oleh konselor kepada
anggota kelompok, anggota
kelompok kepada konselor, dan sesama anggota kelompok
-
Menurut Devi Kumalasari
positif dan negatifnya pergaulan remaja ditentukan oleh lingkungan. Menurutnya
ika berteman dengan orang baik maka kita akan pula menjadi rang yang baik.
-
Dea Fauziah Larasati
menganggap bahwa kecenderungan pergaulan remaja yang negatif berpangkal dari
ketidakberhasilan pendidikan seseorang. Menurutnya rata-rata pelaku pergaulan
negatif adalah orang-orang yang kurang pendidikan.
-
Alfira Dwi Pramesti
berpendapat kalau pergaulan remaja yang negatif itu karena pelaku-pelaku itu
kurang perhatian dari orang tua. Orang tua jarang memperhatikan mereka, jarang
memberikan kasih sayang dan perhatian. Sehingga mencari perhatian di luar.
-
Ghina Dzihni Nirmala punya
pandangan berbeda dari ketiga temannya. Faktor pribadi menjadi penyebab dari
negatifnya pergaulan. Kebanyakan mereka tidak mampu menahan diri sehingga
terjadi penyalahgunaan arti solidaritas dalam pertemanan. Akhirnya ikut-ikutan
tawuran, ikut-ikutan miras, ikut-ikutan sex bebas atas dasar menghargai
pertemanan dan persahabatan.
·
Menetapkan sumber masalah
dari pergaulan remaja yang negatif
-
Konselor bersama anggota
kelompok mengidentifikasi sumber masalah dari pergaulan remaja yang negatif.
Dan disepakati masalah pergaulan remaja ditentukan oleh dua hal yaitu faktor
pribadi dan lingkungan
·
Anggota kelompok
dipersilahkan untuk memberikan saran, pendapat, masukan dan solusi
-
Saran dan solusi dari anggota
kelompok untuk menyelesaikan permasalahan pergaulan remajaantara lain adalah:
a.
Tetap menjaga diri baik-baik
b.
Berteman pada teman yang baik
c.
Memperkuat keimanan dan
ketaqwaan pada Allah SWT
d.
Tidak mendekatkan diri pada
hal-hal yang mengarah pada pergaulan yang negatif
e.
Tidak mudah terpengaruh oleh
orang lain
f.
Mencari aktivitas yang
bermanfaat
·
Konselor menyimpulkan saran,
pendapat, dan solusi dari anggota kelompok
-
Dari diskusi yang panjang
disimpulkan sumber masalah pergaulan remaja yang negatif adalah lingkungan dan
pribadi. Sehingga solusi yang tepat adalah dengan memperbaiki lingkungan jika
memang lingkungan pergaulan kurang mendukung, dan menjaga lingkungan pergaulan
tetap positif. Menjaga diri adalah cara kedua untuk menjaga pergaulan remaja
yang positif.
d.
Tahap Pengakhiran
·
Konselor mengemukakan kesan dan hasil-hasil kegiatan
bimbingan kelompok
·
Anggota kelompok mengemukakan
kesan dan hasil-hasil kegiatan bimbingan kelompok.
·
Membahas kegiatan lanjutan
(bimbingan kelompok lanjutan dengan tema yang berbeda)
·
Mengemukakan pesan dan harapan
·
Memberikan applause dengan
mengajak anggota kelompok bertepuk tangan
·
Berdoa dan salam
E.
MATERI
Pergaulan
remaja
F.
FORMAT
EVALUASI
PENILAIAN HASIL PELAYANAN KONSELING
a.
Laiseg (Penilaian
segera)
o Apa pemahaman baru yang
diperoleh melalui kegiatan ini?
o Apa tanggapan, kesan, dan
perasaannya ketika dan setelah melakukan kegiatan ini?
o Rencana
aktivitas atau upaya yang akan dilaksanakan setelah kegiatan ini?
b.
Laijapen (penilaian jangka pendek)
o Catatan keberhasilan anggota
kelompok mencegah terjadinya masalah pergaulan dan aplikasi pergaulan remaja
positif dalam kehidupan sehari-hari
c.
Laijapan (penilaian jangka panjang)
o Catatan keberhasilan anggota
kelompok mencegah terjadinya masalah pergaulan dan aplikasi pergaulan remaja
positif dalam kehidupan sehari-hari
DAFTAR
HADIR
PESERTA
BIMBINGAN KELOMPOK
KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 4 SURABAYA
Hari/Tanggal
: Selasa, 22 Oktober 2013
Waktu : Pukul 01.45-02.55
Tempat : Ruang Bimbingan
Konseling
No
|
Nama
|
Status
|
Alamat
|
No. Telp
|
Tanda Tangan
|
1.
|
Abida Qurrota A’yunin
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
2.
|
Alfira Dwi Pramesti
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
3.
|
Devi Kumalasari
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
4.
|
Ghina Dzihni Nirmala
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
5.
|
Tendriana Dewi Fitrianingsih
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
6.
|
Dea Fauziah Larasati
|
Siswa Kelas XI IPA 1
|
|
|
|
Guru
Pamong
H
j. J u l i a n a, S. Pd
19561001 197903 2 003
|
Praktikan,
Ahmad
Budi Arianto, S. Pd I
NIM. 1301198012
|
0 komentar:
Posting Komentar