IDENTIFIKASI
POTENSI
PENDAHULUAN:
Potensi
dapat berupa bakat maupun minat dalam diri. Bakat merupakan potensi laten yang
dibawa anak sejak lahir, yang akan menunjukkan seberapa baik seseorang dapat
menyelesaikan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan tertentu.
Sedangkan minat merupakan faktor dalam diri seseorang yang menunjuk pada typical performance. Tampilan ini
mengacu pada senang dan tidak senangnya seseorang pada suatu bidang
(pekerjaan).
Keberhasilan seseorang akan terwujud apabila memiliki kemampuan dan disertai
minat yang tinggi terhadap pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan. Dengan
demikian, sangatlah penting bagi seseorang
untuk mengenali potensi diri, terutama mengenalinya pada saat yang tepat,
sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Apabila individu dapat
mengenali potensi dalam dirinya, maka ia akan dapat mengembangkannya melalui
pemilihan kegiatan-kegiatan yang sesuai dan lebih bermanfaat sehingga lebih
memungkinkan anak untuk dapat mengaktualisasikan dirinya serta dapat
merencanakan masa depannya dengan baik.
Tidak banyak remaja yang mau memikirkan atau mempersiapkan karirnya sejak
awal. Dunia kerja seolah-olah merupakan dunia yang terisolasi bagi remaja. Ada semacam
keraguan, kebingungan, kecemasan pada diri remaja, apalagi bila hal ini
dikaitkan dengan tuntutan keharusan bekerja sementara banyak kualifikasi persyaratan dan proses yang harus disiapkan. Masih
banyak remaja yang tanpa pilihan dan tanpa persiapan, ketika keharusan
mempersiapkan diri memasuki karier datang seiring dengan tahapan perkembangan
dan fase usia yang terus berjalan. Perkembangan berpikir pada remaja antara
lain “dapat memikirkan masa depan dengan membuat perencanaan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan untuk mencapainya.” Maka berdasar pendapat
ini, remaja mau tidak mau harus menyadari bahwa dia harus segera memilih dan
mempersiapkan karier yang tepat dengan potensi dan kondisinya.
Namun masih banyak
ditemukan para siswa yang baru sadar memilih dan merencanakan kerja pada saat
masa-masa kritis (terlalu terlambat melakukan pilihan dan persiapan). Hal ini
seringkali disebabkan karena siswa belum memahami potensi-potensi dalam dirinya
yang dapat dikembangkan untuk meraih keberhasilan dan menunjang persiapan
karirnya.
Instrumen berikut ini merupakan inventori untuk
mengidentifikasi potensi siswa. Hasil dari inventori ini dapat disajikan dalam
bentuk profil potensi siswa yang menunjukkan seberapa besar kecenderungan
masing-masing kemampuan tersebut terdapat dalam diri siswa sehingga
menggambarkan potensi dalam dirinya.
PETUNJUK:
·
Bacalah dengan seksama pernyataan-pernyataan berikut ini.
·
Di lembar jawaban, lingkarilah nomor-nomor pernyataan yang
sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya.
PERNYATAAN-PERNYATAAN:
1. Buku merupakan barang yang sangat
penting bagi saya
|
2. Saya dapat menghitung angka dengan
mudah di luar kepala (tanpa membuat coretan)
|
3. Ketika memejamkan mata, saya sering melihat
bayangan obyek/benda dengan sangat jelas
|
4. Saya melakukan kegiatan olah raga atau
kegiatan fisik secara teratur
|
5. Saya memiliki suara yang merdu
|
6. Banyak teman yang sering minta nasihat
dan saran dari saya
|
7. Saya sering menyendiri untuk merenung
atau memikirkan masalah kehidupan
|
8. Saya sering bepergian atau sekedar
jalan-jalan di alam terbuka
|
9. Saya akan berpikir lebih dulu sebelum
berbicara atau menulis
|
10.
Matematika dan/atau IPA adalah mata pelajaran favorit saya
di sekolah
|
11.
Saya sangat jeli/peka terhadap perbedaan warna
|
12.
Saya tidak betah duduk diam untuk waktu yang lama
|
13.
Saya dapat mengetahui bila ada nada musik atau lagu yang
sumbang
|
14.
Saya lebih memilih olah raga kelompok, seperti bulutangkis,
bola voli atau soft ball daripada olah raga perseorangan, seperti renang atau
jogging
|
15.
Saya pernah melakukan konseling atau mengikuti seminar
tentang perkembangan kepribadian untuk lebih memahami diri
|
16.
Saya mengikuti organisasi yang berkaitan dengan lingkungan
dan ingin ikut membantu menyelamatkan lingkungan dari perusakan
|
17.
Saya sering belajar sambil mendengarkan radio atau kaset
daripada menonton televisi/film
|
18.
Saya senang bermain game
atau memecahkan teka-teki yang menuntut pemikiran
|
19.
Saya sering menggunakan kamera foto atau video untuk
merekam apa pun yang saya lihat
|
20.
Saya suka pekerjaan yang melibatkan keterampilan tangan,
seperti menjahit, merajut, memahat, bertukang, atau merancang model pakaian
|
21.
Saya sering mendengarkan musik (melalui radio, kaset atau
CD)
|
22.
Ketika sedang menghadapi masalah, saya cenderung meminta
bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah itu
|
23.
Saya dapat menghadapi kegagalan dengan tabah
|
24.
Saya menyukai binatang piaraan
|
25.
Saya menyukai permainan yang melibatkan kata-kata (seperti
Scrabble atau kata sandi)
|
26.
Saya senang membuat eksperimen sederhana tentang “apa yang
akan terjadi seandainya” (misal: apa yang akan terjadi seandainya bunga mawar
saya sirami dengan teh setiap pagi?)
|
27.
Saya senang mengerjakan teka-teki menyusun potongan gambar
(puzzle)
|
28.
Gagasan-gagasan terbaik saya biasanya muncul ketika saya
berjalan-jalan, jogging, atau saat melakukan kegiatan fisik lainnya
|
29.
Saya dapat memainkan alat musik
|
30.
Saya memiliki sedikitnya tiga teman yang dekat/akrab
|
31.
Saya memiliki tujuan-tujuan penting dalam hidup, yang
selalu saya pikirkan
|
32.
Saya melakukan hobi yang berkaitan dengan alam
|
33.
Saya senang menghibur diri sendiri atau orang lain dengan
serangkaian kata/kalimat seperti pantun, puisi, atau permainan kata lainnya
|
34.
Saya berusaha mencari pola, keteraturan, atau urutan logis
dalam berbagai hal
|
35.
Saya sering mengalami mimpi yang seperti tampak nyata
|
36.
Saya senang menghabiskan waktu luang dengan beraktivitas di
ruang terbuka
|
37.
Hidup saya akan terasa lebih sengsara tanpa musik
|
38.
Untuk mengisi waktu, saya lebih menyukai permainan bersama,
seperti monopoli atau kartu, daripada hiburan yang bersifat individual,
seperti video game atau solitaire
|
39.
Saya melakukan kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai dan
tujuan hidup saya
|
40.
Saya senang mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan alam
|
41.
Kadangkala orang meminta saya menjelaskan kembali makna
kata yang saya ucapkan atau kata-kata dalam tulisan saya
|
42.
Saya tertarik pada perkembangan baru di bidang sains
|
43.
Saya tidak mudah tersesat di daerah baru yang belum saya
kenal
|
44.
Saya sering menggunakan gerak tangan (bahasa tubuh) ketika
berbicara dengan orang lain
|
45.
Kadangkala saya berjalan kaki sambil melantunkan lagu yang
melintas di benak saya
|
46.
Saya sering mengajarkan/menyampaikan kepada orang lain
tentang hal-hal yang saya sukai
|
47.
Dari masukan teman-teman, saya jadi tahu kekuatan dan
kelemahan dalam diri saya
|
48.
Saya cukup fasih menjelaskan perbedaan berbagai jenis flora
atau fauna
|
49.
Bagi saya, pelajaran Bahasa Inggris dan Sejarah lebih mudah
daripada Matematika dan IPA
|
50.
Saya yakin, hampir semua hal bisa dijelaskan secara
rasional
|
51.
Saya suka menggambar atau mencoret-coret
|
52.
Saya harus menyentuh sesuatu/benda agar dapat lebih
mengenal/memahami benda itu
|
53.
Saya dapat mengikuti irama musik dengan menggunakan alat
perkusi sederhana
|
54.
Saya dan juga teman-teman, menganggap bahwa saya pantas dijadikan
pemimpin
|
55.
Saya lebih memilih menghabiskan akhir pekan sendirian di
sebuah pondok di hutan daripada di tempat peristirahatan mewah yang ramai
orang
|
56.
Saya senang membaca buku/majalah atau nonton acara televisi
yang menggambarkan/ menceritakan tentang alam
|
57.
Bagi saya, belajar bahasa asing (misalnya Bahasa Inggris)
relatif mudah
|
58.
Saya lebih senang bermain dengan angka-angka daripada
kata-kata atau gambar
|
59.
Bagi saya, mempelajari sketsa atau tata ruang lebih mudah
dan lebih menarik dibandingkan belajar tentang angka-angka (berhitung)
|
60.
Saya menikmati kegiatan yang menantang bahaya atau
menegangkan/mencekam
|
61.
Saya dapat mengenali nada-nada berbagai macam lagu atau
musik
|
62.
Saya senang berada di tengah keramaian
|
63.
Saya adalah orang yang berkeinginan kuat dan berpikiran
mandiri
|
64.
Ketika berlibur, saya lebih memilih pergi ke alam terbuka
daripada mengunjungi situs-situs kebudayaan
|
65.
Saya berbicara berdasarkan pada hal-hal yang pernah saya
dengar atau baca
|
66.
Saya dapat menemukan kesalahan penalaran/pikiran dalam perkataan
dan tindakan orang lain
|
67.
Saya dapat membayangkan tampilan suatu benda jika dilihat
dari sisi atas
|
68.
Saya sering memperagakan hal-hal yang harus saya jelaskan
pada orang lain
|
69.
Setelah saya mendengar suatu karya musik, biasanya saya
dapat menyanyikannya kembali dengan baik
|
70.
Saya senang mengikuti berbagai kegiatan sosial
|
71.
Saya memiliki buku harian atau catatan pribadi untuk
menuliskan kehidupan pribadi saya
|
72.
Saya suka pergi ke kebun binatang atau melihat-lihat
akuarium
|
73.
Saya pernah menulis karangan yang sangat membanggakan
|
74.
Ketika menerima barang dari orang lain, maka saya akan
menghitung, mengukur atau menata ulang barang-barang tersebut
|
75.
Saya lebih senang membaca buku yang banyak gambar atau
ilustrasinya
|
76.
Saya senang memberikan tanda (coretan) pada buku yang
sedang saya baca
|
77.
Saya sering mengetuk-ngetukkan jari atau bernyanyi kecil
ketika sedang mengerjakan sesuatu
|
78.
Saya lebih senang menghadiri pesta yang meriah daripada
tinggal sendirian di rumah
|
79.
Saya ingin menjadi wiraswastawan atau memulai usaha sendiri
suatu saat nanti
|
80.
Saya senang kegiatan berkebun
|
81.
Saya senang membeli buku daripada membeli kaset/CD
|
82.
Saya lebih senang mengerjakan soal matematika daripada
mengarang cerita
|
83.
Saya senang mengumpulkan foto-foto
|
84.
Hampir setiap hari saya melakukan olah raga meskipun yang
ringan-ringan saja
|
85.
Sehari tanpa musik, hidup ini terasa sepi dan membosankan
|
86.
Saya lebih senang berdiskusi atau bekerjasama dengan teman
daripada bekerja sendirian
|
87.
Apa yang saya lakukan senantiasa saya sesuaikan dengan
nilai-nilai dalam hidup saya
|
88.
Saya lebih senang belajar di halaman rumah yang menghadap
ke kebun daripada belajar di kamar
|
89.
Saya sering menulis pengalaman-pengalaman saya
|
90.
Menurut teman-teman, saya punya kemampuan yang lebih pada
pelajaran matematika
|
91.
Saya dapat membuat sketsa/ denah suatu rumah termasuk
ruang-ruang yang ada di dalamnya
|
92.
Saya tidak suka jika harus duduk diam saja sepanjang hari
|
93.
Saya senang menikmati irama musik
|
94.
Saya lebih senang pergi beramai-ramai bersama teman-teman
|
95.
Saya senang membaca otobiografi orang-orang terkenal
|
96.
Saya senang membantu ibu/ayah mencangkok bunga/tanaman
|
97.
Mengarang merupakan kegemaran saya
|
98.
Menurut saya, setiap kejadian pasti dapat dijelaskan secara
logis
|
99.
Bagi saya, membuat disain adalah pekerjaan yang mudah
|
100. Saya tidak tahan duduk terlalu lama
|
101. Saya senang nonton konser musik
|
102. Saya selalu menemukan teman dekat
dimana saja berada
|
103. Dalam menilai suatu masalah, saya
selalu melihat pengaruhnya pada diri saya sendiri
|
104. Rumah yang menyenangkan adalah rumah
yang halamannya penuh dengan tanaman
|
105. Saya senang ketika diminta
menceritakan pengalaman-pengalaman saya
|
106. Saya sering menghitung langkah kaki
saya ketika sedang berjalan
|
107. Ketika memasuki suatu bangunan, saya
tertarik untuk membuat gambarnya
|
108. Pada saat duduk, tanpa saya sadari kadangkala
kaki saya bergerak-gerak (terayun-ayun)
|
109. Saya memiliki koleksi kaset/CD
berbagai jenis musik
|
110. Saya lebih senang membicarakan masalah
saya dengan teman daripada merenung sendiri
|
111. Saya sering melakukan introspeksi diri
|
112. Saya sangat senang menghirup udara
segar di alam bebas
|
113. Saya senang bila diminta teman-teman
untuk menjadi juru bicara
|
114. Saya selalu menghitung kembali nota
pembelian yang saya terima dari kasir toko
|
115. Saya dapat membayangkan tempat atau
situasi yang diceritakan oleh teman-teman meskipun saya belum pernah
mengunjungi tempat itu
|
116. Saya sering melakukan relaksasi bila
badan terasa lelah
|
117. Saya dapat menghafalkan lagu dengan
mudah
|
118. Bagi saya, hidup terasa menyenangkan
karena ada teman di sekitar kita
|
119. Apabila mengalami suatu masalah, saya
selalu mencari kesalahan yang telah saya lakukan
|
120. Pesta kebun lebih menyenangkan
daripada di dalam ruang yang gemerlap
|
LEMBAR JAWABAN
N A M A
|
:
|
____________________________________________
|
KELAS / NO.
|
:
|
____________________________________________
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
|
49
|
50
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
63
|
64
|
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
71
|
72
|
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
80
|
|
81
|
82
|
83
|
83
|
85
|
86
|
87
|
88
|
|
89
|
90
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
96
|
|
97
|
98
|
99
|
100
|
101
|
102
|
103
|
104
|
|
105
|
106
|
107
|
108
|
109
|
110
|
111
|
112
|
|
113
|
114
|
115
|
116
|
117
|
118
|
119
|
120
|
|
A = …..
|
B = …..
|
C = …..
|
D = …..
|
E = …..
|
F = …..
|
G = …..
|
H = …..
|
|
PROFIL
POTENSI SISWA
N A M A
|
:
|
____________________________________________
|
KELAS / NO.
|
:
|
____________________________________________
|
15
14
13
12
11
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
|
||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
Bidang-bidang potensi dan kegiatan atau pekerjaan yang
sesuai, meliputi:
A
|
:
|
Kemampuan
Verbal-Linguistik :
Potensi yang menggambarkan kemampuan
seseorang dalam mengerti/memahami ide-ide dan konsep-konsep yang dinyatakan
dalam bentuk kata-kata. Kemampuan ini menunjukkan keterampilan seseorang
dalam membaca, menulis, dan berbicara, serta keterampilan auditorial.
Pekerjaan yang sesuai dengan orang yang memiliki kemampuan ini adalah
pekerjaan yang berkaitan dengan tulis-menulis maupun penggunaan kata/kalimat,
seperti penyair, pengarang/penulis, narator, pembaca berita, atau editor.
|
B
|
:
|
Kemampuan
Logis-Matematis :
Potensi yang berhubungan dengan
kemampuan ilmiah. Pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan ini adalah pekerjaan
yang menuntut pemikiran kritis atau berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan
dan analisa data, serta melakukan interpretasi dan membuat suatu kesimpulan
atau ramalan berdasarkan data yang diperolehnya.
|
C
|
:
|
Kemampuan
Spasial :
Potensi yang menunjukkan kemampuan
seseorang untuk membentuk dan menggunakan model mental, yakni cenderung
berpikir dalam atau dengan gambar dan cenderung mudah belajar melalui sajian
visual seperti film, gambar, video, dan peragaan yang menggunakan model atau slide. Pekerjaan yang sesuai dengan
kemampuan ini adalah pekerjaan yang dilakukan dengan menggambar, melukis,
atau membuat/membaca peta, dan berimajinasi.
|
D
|
:
|
Kemampuan
Kinestetik :
Potensi yang menunjukkan kemampuan
seseorang dalam memproses informasi melalui sensasi yang dirasakan pada badan
mereka. Kemampuan ini ditunjukkan oleh keterampilan jasmaniah, baik dengan
menggunakan otot kecil maupun otot besar. Pekerjaan yang sesuai untuk orang
yang memiliki potensi tinggi dalam kinestetik adalah pekerjaan yang banyak
menggunakan aktivitas fisik atau olah raga.
|
E
|
:
|
Kemampuan
Musikal :
Potensi yang berkenaan dengan
kegiatan-kegiatan yang bersifat seni, khususnya musik dan lagu. Orang yang
mempunyai kemampuan musikal ini sangat peka terhadap suara atau bunyi,
lingkungan dan juga musik. Pekerjaan yang menuntut kemampuan ini adalah pekerjaan yang
berkaitan dengan dunia musik seperti pencipta atau aransemen lagu, pemain
musik, penyanyi, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang sejenis.
|
F
|
:
|
Kemampuan Interpersonal :
Potensi yang berkaitan dengan
kemampuan seseorang dalam menbina hubungan sosial dengan orang lain.
Pekerjaan yang sesuai dengan potensi ini adalah pekerjaan yang menuntut
hubungan pribadi dan bidang pelayanan, misalnya pelayanan pribadi, pelayanan
sosial, pengajaran, kepengacaraan, pelayanan kesehatan, penyuluhan, atau
kepenasihatan.
|
G
|
:
|
Kemampuan
Intrapersonal :
Potensi yang menggambarkan kesadaran
mendalam akan perasaan batin yakni bekenaan dengan kemampuan memahami diri,
kemampuan dan pilihannya sendiri. Pekerjaan yang sesuai untuk orang yang
memiliki potensi tinggi dalam kemampuan intrapersonal adalah pekerjaan yang
dilakukan berdasarkan program sendiri dan hanya dilakukan sendirian, seperti
programer atau analis.
|
H
|
:
|
Kemampuan Natural :
Potensi yang berkenaan dengan
kemampuaan melakukan kegiatan-kegiatan di alam terbuka dan banyak
berkecimpung dengan hewan dan tanaman. Pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan
tersebut meliputi bidang-bidang pertanian, perkebunan, peternakan, pemeliharaan
hewan, pelestarian sumber-sumber alam atau tempat wisata.
|
0 komentar:
Posting Komentar